Paskibra merupakan kepanjangan dari Pasukan Pengibar bendera yang terbagi menjadi dua bagian yakni Paskibra dan Paskibraka. Letak perbedaan antara keduanya adalah lokasi pengibaran bendera yang dikibarkan oleh pasukan tersebut. Paskibra adalah pasukan pengibar bendera yang mengibarkan bendera di lingkungan sekolah, sedangkan Paskibraka adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang mengibarkan bendera pusaka di tingkat kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, dan nasional yaitu di Istana Kemerdaan Republik Indonesia.

            Paskibra SMAN 4 Mataram (Paskibra Smanca) merupakan salah satu ekstrakurikuler paling banyak peminatnya sepanjang tahun. Di bawah naungan PKM (Paskibra Kota Mataram) yang setiap satu bulan sekali secara rutin diadakan latihan gabungan atau latgab, kami berkembang dan bertumbuh bersama paskibra yang berasal dari sekolah menengah atas di wilayah Kota Mataram

logo.png

            Dalam Paskibra, terdapat tingkatan-tingkatan pendidikan yang harus ditempuh antara lain ; Capas (Calon Paskibra) yakni siswa-siswi kelas 10, senior rekanta yakni anggota paskibra yang duduk di kelas 11, senior remata yakni anggota Paskibra yang duduk di kelas 12 dan alumni yakni anggota Paskibra yang telah menamatkan pendidikan di sekolah menengah atas.

foto.png

            Paskibra bukan hanya sekedar pasukan baris-berbaris di bawah teriknya sinar matahari, namun lebih dari itu. Paskibra merupakan salah satu ekstrakurikuler yang mengembangkan rasa nasionalisme, gotong royong, kedisiplinan dan nilai-nilai moril positif lainnya. Terbukti, banyak event-event menarik yang menumbuhkan nilai-nilai positif dalam diri peserta didik yang menjadi anggota Paskibra contohnya ; Pengibaran pada hari-hari besar nasional, jelajah alam (longmarch), buka bersama senior dan alumni ketika bulan Ramadhan tiba, bakti sosial, Segapaska yakni kompetisi kreatifitas antar anggota Paskibra se-kota Mataram yang mencakup lomba futsal putra dan futsal putri, tari kreasi, pengibaran dan baris-berbaris, Pusdiklatsar yakni pendidikan terakhir anggota Capas menjadi senior dan masih banyak event lain yang tentunya seru dan menarik untuk di ikuti.

            Pada tahun 2019, Paskibra Angkatan 28  dengan jumlahnya yang mencapai 28 orang, berhasil meraih piala bergilir pada event Segapaska. Dimana artinya, anggota Paskibra Smanca Angkatan 28 berhasil meraih juara hampir pada setiap mata lomba. Juara yang dapat kami raih antara lain, juara 1 futsal putra, juara 2 futsal putri, juara 3 pengibaran dan juara 1 tari kreasi.

           piala.png

            Paskibra merupakan salah satu ekstrakurikuler yang kami rekomendasikan untuk di ikuti oleh peserta didik baru. Selain menempuh pendidikan untuk membentuk karakter yang unggul bagi peserta didik, paskibra juga menawarkan relasi yang luas kepada peserta didik yang mengikuti pendidikan paskibra karena Paskibra Smanca telah memiliki alumni yang bekerja di berbagai lini, baik pemerintahan, swasta hingga wiraswasta.

 

Bagi yang ingin mendaftar menjadi Paskibra Smanca dapat menghubungi : 085967971890 (nian)